Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Sirkuit Sentul dan Moto GP


Rezaeka615.blogspot.com -Pembalap seperti Max Biaggi, Michael Doohan, hingga Valentino Rossi ternyata sempat merasakan aspal sirkuit Sentul. Dalam sejarahnya sejak pertama kali digelar pada tahun 1949, tercatat Indonesia sempat menggelar ajang MotoGP tepatnya di Sirkuit Sentul pada tahun 1996 dan 1997.

Valentino Rossi  pada saat itu  masih berumur sekitar 17 tahun, namun ia sudah menjadi raja balap dikelas 125cc. Pada saat itu ia bergabung dengan Tim Nastro Azzurro yang menggunakan motor pabrikan dari Aprilia.

Di lain sisi Max Biaggi masih turun dikelas 250cc tergabung dalam tim Chesterfield yang menggunakan motor pabrikan yang sama yakni Aprilia. Meski akhirnya pada tahun 1997, Biaggi hijrah menjadi bagian dari Tim Marlboro dengan menggunakan motor pabrikan asal negri sakura yakni Honda.

Pada musim 1996 pembalap kelas 500cc yang menjadi juara di seri sirkiut adalah Mick Doohan yang kemudian menjadi juara dunia pada musim tersebut.  Kemudian di posisi runner-up ditempati oleh Alex Barros sedangkan Loris Capirossi di urutan ketiga.

Untuk musim 1997 pembalap asal Jepang Tadayuki Okada sebagai juaranya, sedangkan Mick Doohan di posisi kedua. Tempat ketiga diisi oleh Alex Criville. Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi juga sempat meraih juara di Sirkuit Sentul pada kelas 125cc di musim 1997.

Sang legenda dunia balap, Michael Doohan menjadi raja dikelas 500cc pada saat itu dengan gelar juara dunia 5 kali berturut-turut mulai dari tahun 1994 sampai dengan 1998. Dia tergabung didalam Tim Honda Racing Team (HRC) dengan menggunakan motor andalannya Honda NSR.

Fakta tersebut menunjukan bahwa Legenda-legenda MotoGP itu pernah merasakan ganasnya lintasan Sirkuit Sentul, dengan disaksikan oleh ratusan ribu penggemar fanatiknya secara langsung di Indonesia.

Oleh: Reza eka rosadi

1 komentar untuk "Sejarah Sirkuit Sentul dan Moto GP"

  1. Seputar pendiri sirkuit sentul, Bp Tinton Soeprapto, di sajikan oleh majalah INTEGRITAS yang dimuat dalam rubrik Tokoh INTEGRITAS. Bagi yang berminat untuk mengetahui Bp. Tinton Soeprapto dapat menuju link path laman di bawah ini :

    http://mediaintegritas.com/content/tinton-soeprapto

    Semoga bermanfaat

    BalasHapus