Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manusia Vs Robot, Apakah Manusia Akan Punah Karena Robot?


Rezaeka615.blogspot.com -oke kali ini gua akan memberikan sedikit wawasan tentang perkembangan teknologi dan apa hubungannya dengan  peradaban manusia di era moderen. seperti yang kita ketahui kini kita sangat bergantung dengan teknologi sehingga Researc terhadap teknologi terus berkembang dalam kurun waktu 2 dasawarsa kita sudah melihat betapa cepatnya generasi teknologi yang berubah setiap tahunnya.

Kita kali ini akan coba mengenal apa itu Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.

Yah dapat kita di disimpulkan bahwa kecerdasan buatan Artificial Intelligence bekerja seperti manusia, seperti Balita yang belajar hingga dewasa dan menjadi pintar. Begitu juga cara kerja Artificial Intelligence, ia di system untuk belajar dari dirinya sendiri dan mampu mengembangkan kemampuanya sendiri.

Ingat (samar-samar) bagaimana Anda belajar berjalan, berbicara, naik sepeda, atau mengemudi? Itu berantakan dan penuh kesalahan, tetapi keterampilan yang Anda pelajari dari waktu ke waktu dan akhirnya anda menjadi terampil dan bahkan anda bisa melakukan freestyle saat mengemudi… wow

Nah, sebagai contoh adalah Alpha Go Zero baru saja melakukannya.
"Itu dimulai dari batu tulis kosong dan angka keluar hanya untuk dirinya sendiri, hanya dari permainan sendiri, dan tanpa pengetahuan manusia, atau data manusia, atau fitur, atau contoh, atau intervensi dari manusia. Ia menemukan cara memainkan permainan Pergi dari prinsip pertama, "kata profesor DeepMind, David Silver.

Alpha Go Zero memiliki adik yakni Alpha Go yang merupakan sebuah proyek kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) dari Google yang didesain untuk bisa bermain Go, sebuah board game strategi klasik asal Cina untuk dua orang pemain.

sumber : jaro learnos


 Alpha Go berhasil mengalahkan Lee Se-Dol, pemain Go terbaik di dunia asal Korea Selatan. Tidak tanggung-tanggung, Alpha Go bahkan mengalahkan pemegang 18 kali piala dunia bermain Go itu hanya dalam dua kali pertandingan.

Kemenangan tersebut membuat banyak ahli sulit untuk memercayainya. Karena untuk bisa mengembangkan algoritma untuk bermain Go sangatlah rumit, tidak semudah game lain seperti Catur maupun Monopoli yang sudah sempat dikembangkan.

Mengapa Ini bisa terjadi? Robot mengalahkan Manusia

Mari kita bandingkan, kecepatan mcerna informasi antara manusia dan robot.
Dalam sitem computer saat ini yang memiliki kecepatan untuk mentransmisikan informasi dengan kecepatan 2 GHz atau setara dengan kecepatan cahaya, Sementara manusia dengan syaraf otaknya hanaya memiliki 200 Hz atau seperempat kecepatan suara.
Nah makannya sistem AI dapat memiliki pengetahuan atau penemuan seperti sretegi dalam bermain GO hanya dalam sekejap yang bagi manusia butuh bertahun-tahun untuk belajar dari pengalamanya hingga akhirnya mahir bermain.

Apakah Ini akan berbahaya bagi kita?

Jika kita imajinasikan masa depan mungkin manusia dapat di habisi oleh robot karena lemahnya manusia di bandingkan robot ,karena Robot dapat hidup dan terus berkembang dengan kecerdasan mereka sendiri atau ada satu orang yang memanfaatkan mereka untuk menguasai dunia seperti film IRobot, atau nasib kita akan seperti Homo erectus dan  Homo neanderthalensis yang punah dan Homo Sapiens tetap ada karena mereka lebih memiliki kecerdasan yang lebih tinggi.


Tapi kita tidak perlu takut karena robot tetaplah robot dan perinsipnya mereka ada karena kehendak manusia itu sendiri, jadi jika kita memang bijak mungkin keberadaan robot akan sangat membantu manusia untuk menemukan penemuan seperti obat kanker atau obat untuk penyakit yang belum ditemukan obatnya. Yah seperti kita memegang pisau bisa di gunakan untuk membatu pekerjaan ibu memotong sayuran atau untuk memotong tubuh manusia?

So gimana pandangan kalian terhadap perkembangan teknologi?

6 komentar untuk "Manusia Vs Robot, Apakah Manusia Akan Punah Karena Robot?"

  1. Judulnya yang aneh. Soalnya ada pertanyaan "manusia akan punah?", tapi di artikelnya nggak ada hubungannya dengan kepunahan. Kalau bicara kepunahan spesies manusia, mungkin artikelnya harusnya bicara tentang senjata biologis.

    BalasHapus
  2. Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  3. mungkin suatu saat manusia yang akan memusnahkan manusia lainya mengunakan robot,,,

    BalasHapus
  4. Komunitas Game Online yang terpercaya & Pelayanan yang memuaskan ..
    Banyak pilihan Game yang menarik
    Ayo kunjungin kami ya www,updatebetting,co (Whatsapp +855 979 542 957)

    BalasHapus